Senin, 29 November 2010

OPENGL

OpenGL




Menurut Wikipedia:
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana.
OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium, yang Khronos Group


LIBRARY OpenGL-GLUT


- Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan.
- Untuk Sistem Operasi Windows, library ini terdiri dari 3 files yaitu:
  glut.h
  glut32.lib
  glut32.dll


INSTALASI LIBRARY GLUT pada WINDOWS


Cara – cara menambahkan atau mengkonfigurasi OpenGL pada Visual C++. Dalam hal ini Visual C++ yang digunakan adalah Visual C++ 6.0.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah Visual C++ 6.0 sudah terinstal pada computer anda. Jika sudah anda pastikan bahwa Visual C++ 6.0 telah terintegrasi di computer anda, maka anda harus mendownload library OpenGL.
Setelah anda selesai mendownload file OpenGL.rar maka langkah selanjutnya adalah meng-ekstract file tersebut dan pastikan terdapat file glut.h, glut32.lib, dan glut32.dll.




Setelah semua file dipastikan telah ada maka tambahkan atau pindahkan file glut32.dll pada directory C:\WINDOWS\system.
Kemudian tambahkan atau pindahkan file glut.h pada directory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL. 

Langkah terkahir adalah menambahkan atau memindahkan file library glut32.lib pada directory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Lib.


Selamat membuat graphics pada Visual C++ 6.0

SUMBER:
id.wikipedia.org/wiki/OpenGL
www2.eepis-its.edu/~basuki/lecture/PengantarGrafika.pdf
http://poenyariki.blogspot.com/2010/03/opengl-danvisual-c.html




1 komentar: