Senin, 29 November 2010

3D MAX

Pengertian 3D Max


Menurut Wikipedia:
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.



Ada 5 Metode Pemodelan Dasar di dalam 3D Max,yaitu:

  • Pemodelan dengan primitif
  • NURMS(subdivision surfaces)
  • Surface tool
  • NURBS
  • Pemodelan polygon

Pemodelan dengan primitif

Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".


Mental Ray

Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.

TAMPILAN LAYAR 3D MAX
Saat kita membuka program Studio 3D Max,maka tampilan layar kerja program akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Tampilan seperti gambar diatas dinamakan Viewport. Jadi Viewport merupakan ruang kerja/layar kerja,tempat dimana kita dapat melakukan proses pekerjaan dalam membuat animasi.

Fungsi-fungsi ToolBar yang ada pada 3D Max:

-Undo: Berfungsi sebagai history pallate,yaitu untuk kembali ke perintah sebelumnya dari setiap operasi atau proses yang sudah dilakukan sebelumnya.

- Redo: Berfungsi sebagai kebalikan dari undo, atau membatalkan perintah undo.

- Link: Fasilitas ini fungsinya digunakan untuk menghubungkan satu obyek dengan obyek lain, sehingga membentuk suatu hierarchy atau ikatan tersendiri antara kedua objek tersebut.

- Unlink: Berfungsi untuk melepaskan hubungan hierarchy antara dua objek yang telah di link, atau sebagai kebalikan dari perintah Link.

- Bind to Space Warp: Berfungsi untuk menghubungkan objek dengan fasilitas pembentuk efek, gunanya untuk menghasilkan animasi spesial efek.

- Select Object: Berfungsi untuk memilih/mengaktifkan objek pada viewport.

- Select by Name: Bila tombol ini diaktifkan, maka akan ditampilkan windows select object yang berisi data teks dari nama-nama object yang ada pada viewport.

- Select Region Flyout: Memilih objek satu per satu secara manual

- Select and Move: Untuk memilih objek yang sekaligus dapat juga digunakan untuk memindahkan atau menggeser posisi dari objek yang dipilih tersebut.

- Select and Rotate: Memilih objek yang sekaligus dapat juga digunakan untuk merotasikan  atau memutar objek yang terpilih tersebut.




SUMBER:

cbs-bogor.net/ebooklain/.../Tutorial_3DMax_bag-1.pdf
www.wikipedia.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar