Minggu, 14 Maret 2010

BE EARTH Heroes


Kita gak perlu menjadi anggota Green Peace kalau mau menyelamatkan dunia. Dari hal-hal yang sederhana yang mudah kita lakukan di kehidupan sehari-hari pun, kita sudah bias menjadi pahlawan buat bumi kita sekarang. Nah..apakah kalian sudah melakukan hal dibawah ini?? Bila belum,lakukanlah minimal 3kali dalam sehari. Ayo perhatikan…

  • ·      Setelah memakai toilet,perhatikan dua tombol pembilas (flush) berukuran kecil dan besar, yang ada di atas tangki air toilet. Pilih tombol kecil, bila ingin membilas air seni dan pilih tombol besar bila untuk membilas kotoran atau bekas muntah. Dengan menyesuaikan jumlah air yang dibuang sesuai kebutuhan, kitapun bias berhemat.
  • ·      Bila toilet kita dilengkapi gagang pembilas(bukan tombol),perhatikan posisi gagang tersebut. Bila ia berada dalam posisi berdiri atau terbalik,kita kembalikan ke posisi semula,agar air tidak terus menerus mengucur.
  • ·      Mandi dengan pancuran(shower)karena cara ini terbukti menghemat air. Mandi dengan pancuran akan menghabiskan sebanyak 3 galon air per menit. Jauh lebih hemat dibandingkan dengan mandi berendam (bath tub) yang bisa menghabiskan 36 galon air,untuk sekali berendam.
  • ·      Menetapkan satu hari khusus mencuci(laundry day) di rumah,sehingga kita tidak harus mencuci baju setiap hari. Karena tiap kita mencuci, sekitar 32-59 galon air bisa terbuang lho..
  • ·      Mengganti tempat makan siang dari plastik/kertas dengan kotak makan siang (lunch-box) yang bisa dipakai berulang kali. Soalnya,untuk membuat paperbag saja dibutuhkan 1batang pohon dan sampah pelastik susah kali untuk didaur ulang.
  • ·      Menutup kran air di washtafel agar tak mengalir lagi selagi kita gosok gigi Buka lagi kran itu saat kita ingn membilas. Kebiasaan sederhana ini bisa menghemat sekitar 5 galon air setiap harinya.
  • ·      Saat belanja permen, es krim atau jajanan lain di supermarket atau kantin, menolak kantong pelastik yang diberikan pelayan took. Sebagai gantinya, masukan barang kedalam tas atau sediakan tas kecil bertuliskan FOOD BANK, untuk menyimpan jajanan kita. Tahu gak? Penggunaan plastik di supermarket per tahun bisa mencapai 3 milyar lembar dan plastik dalam jumlah ini bisa digunakan membungkus bulan (satelitnya bumi itu lho) dua kali.
  • ·      Mematikan monitor komputer kita, bila kita mau ke luar ruangan, beristirahat atau bahkan cuma ingin ke kamar mandi. Tindakan yang terkesan gak penting ini, bisa menghemat energi listrik sampai 15%, daripada mematikan Screen Savers
  • ·      Memasang temperatur AC dipasang pada titik 25.5’C di malam hari pas mau tidur dan ubah sistemnya ke ‘low cool’. Dengan demikian kita sudah menghemat energi listrik sebesar 10%.
  • ·      Nggak lupa mencabut alat charger baterai , apabila kita sudah selesai mengisi ulang. Alat charger yang tertancap di saklar, masih dialiri energi listrik yang terbuang percuma.


Sumber: Majalah GADIS (edisi tahunan 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar